Tuesday, November 23, 2010

Pencarian Harta Karun yang Memusingkan

It's been more than a week since samapta...dan kali ini saya cukup dibikin pusing oleh satu modul berjudul treasury. Nggak sampe bikin setres sih, tapi cukup memusingkan untuk dimengerti. Setiap modul berakhir, pagi hari besoknya postest. Jadi postestnya per sub-bab, jadi tiap hari harus belajar. Treasury ibarat kegiatan mencari harta karun, postest ibarat sebuah peta harta karun, dan saya harus menjawab teka-teki dalam peta itu untuk mencari keuntungan... Maka... saya sangat membutuhkan Dora, Lara Croft, atau Indiana Jones untuk memecahkannya, hehe.

Sub-bab yang paling awal memang menyenangkan, tentang transaksi forex. Namun, lama kelamaan materi di modul yang dibahas makin membingungkan terutama derivatif dan likuiditas. Entah kenapa dua materi itu susah sekali saya cerna, sampai harus berkali-kali pemahaman.

Kebetulan, upacara pembukaan ODP diganti menjadi hari ini. Upacara pembukaannya dihadiri 8 angkatan ODP, mulai dari 73 sampai 78. Acara dimulai pukul 9.00 sampai 11.00 di auditorium LPPI. Seharusnya secara umum, pembukaan ODP dilakukan per 2 angkatan di LCG Tanah Abang, kali ini adalah pertama kalinya pembukaan besar-besaran. Bagi angkatan 73, setelah sudah hampir dua bulan kami belajar bersama, hari ini kami baru benar-benar sah secara protokoler bekerja (belajar menjadi officer bank lebih tepatnya) sebagai ODP.

Kelas dimulai pukul 11.00, saat masuk ruang kelas sudah ada pengajar menunggu. Kasihan juga sebenarnya pengajar menunggu kami dari jam 9 sampai jam 11, dan materi harus selesai jam 12. Alhasil, materi disampaikan secara kilat, hanya yang inti-intinya saja, yang bisa dibaca dan dipahami sendiri tidak dipaparkan. Meskipun demikian, saya malah bener-bener ngerti loh, ibunya ngajarnya enak...hoho. Makan siang jam setengah 12, cafetaria nggak numpuk amat, soalnya jam makan siang tiap kelas beda-beda gara-gara jadwal yang dikacaukan upacara pembukaan. Materi setelah makan siang juga tidak begitu sulit, saya bisa memahami meskipun tidak secara total (masih mendingan daripada derivatif dan likuiditas deh...). Pengajarnya lagi-lagi seorang wanita, beliau juga mantan ODP dulunya dan seorang penulis novel.

I said "wow" on my mind when I knew that she is a writer...Secara beliau bekerja di treasury yang notabene sangat sibuk (kalau di mata saya), dan masih sempat menulis novel juga. Hal itu menginspirasi saya, ternyata meskipun sibuk sebagai banker ternyata bisa juga yah nyambi (jadi penulis)... Kalau saya sih, punya banyak ide untuk dituangkan, tapi selalu kesulitan memulainya, kalau niat sebenarnya bisa juga seperti beliau, nulis cerita. Siapa tau bukunya laris, trus dapet penghasilan tambahan, sekaligus menyalurkan hobi... Lagipula selama masih ODP, masih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan, buktinya kami bisa karaokean 2-3 kali seminggu, nonton sekali seminggu, itupun di hari kerja... Apalagi kalau bisa memanfaatkan waktu luang itu untuk hal-hal yang membuahkan hasil seperti menulis...So...I should think about it...

Besok postest dua, likuiditas dan money market. Seharusnya postest likuiditas kemarin, sayangnya waktu tidak memungkinkan sehingga diundur besok dan ditambah postest materi hari ini, money market. Wish me luck for tomorrow. ;)

No comments:

Post a Comment