Friday, January 7, 2011

Project Management : Mandiri Fashion Fiesta

Minggu ini project management berlangsung dari hari Senin sampai detik ini. Saat tulisan ini dimulai, sekalian live report, kelompok saya (kelompok 3) sudah presentasi karena dapet undian urutan pertama, sekarang presentasi urutan ke-dua, kelompok 2 (Mandiri EasyShop) sedang sesi tanya jawab dengan panelis. Persiapa project management sih sudah dari beberapa hari yang lalu sebelum libur natal, tapi jadwal modul yang sesungguhnya minggu ini. Dari sepuluh usulan judul dari kelompok saya, ada 4 judul yang diterima oleh pak Ignatius Hatmoko, pihak LCG yang menyeleksi ide-ide kami. Empat judul itu :

- Mandiri Fashion Fiesta (tapi harus bisa ngitung benefit to cost rationya...)
- Mandiri Creative Zone (harus ada itungan benefit to cost rationya juga...)
- Mandiri Deposito terproteksi valas (tapi harus koordinasi lebih lanjut dengan Treasury)
- Mandiri Kredit Tanggung Renteng

Tadinya kami mau milih Mandiri Kredit Tanggung Renteng karena tanpa tapi, sayangnya, setelah tanya kesana kemari...eng ing eng...produknya sudah ada, jadi pilihannya tinggal tiga (yang ada "tapi"-nya). Akhirnya setelah beberapa hari berbincang-bincang dan menimbang-nimbang, akhirnya kami memilih "Mandiri Fashion Fiesta". Setelah kami breakdown lagi, jadi proyek ini merupakan pilot project marketing berupa fashion event. Rencana acaranya sendiri berlangsung 3 hari terdiri atas private fashion show, public fashion show, bazaar, seminar, dan midnight sale.

Nahh...satu minggu penuh ini, kami sekelas ODP 73 lembur tiap hari, jadi waktu kami seminggu lebih banyak habis di kelas (masuk dari jam 07.30 sampe jam 11-an baru balik). Paling awal balik keknya hari Senin ato Selasa, jam 10-11an, paling parah tadi malem hari terakhir sampai jam 3 pagi karena ngurusin revisi, neprint, jilid, dan tetek bengek lainnya. Tiap bangun pagi, walopun uda telat banget bangunnya, tapi rasanya pengen tidur lagi. Ngantuknya internasional, mau gimana lagi, tidur kami kurang untuk maksimalisasi pikiran yang dikuras sampe kering begini. Masih mending yang pada ngekos, yang rumahnya jauh-jauh mungkin lebih capek dan lebih ngantuk daripada yang pada ngekos.

Posisi sekarang, presentasi urutan ke-dua dari kelompok 1, Mandiri Greenland. Nah, nerusin cerita tadi. Modul project management kami dihandle oleh Indoprime, pematerinya ada bapak Bambang Trigunarsyah (pengalamannya segudang, keren), sama bapak Firdaus, dan ibu Melva yang tiap hari bantuin kami bikin proposal proyek, terima kasih ya pak, buk. Kalo kata kelas-kelas terdahulu,, anak-anak yang pada lembur bakal keluar sifat asli gila mereka...tapi buat kelas saya...biasa aja...sama kek hari-hari biasa...karena sehari-harinya teman-teman saya sudah camen semua...malah ada satu kelompok yang jadi workaholic, serius banget ngerjain proyek (berbeda dengan biasanya yang pada camen-camen), sampe diajak bercanda pun nggak nengok sama sekali, hohoho. Yang lucu dari presentasi ini adalah saat teman saya salah sebut, seharusnya bahwa di taman juga terdapat 'amphitheater' yang keluar dari mulutnya malah 'amplifier'. Trus satu lagi...ada pertanyaan lucu, "gimana kalo ada banyak penyalahgunaan taman, tangan-tangan jahil yang mengotori taman, trus gong-nya -gimana klo ada oknum yang pipis di pojokan...-" hahaha.

Jadi, selama seminggu ini, kerjaan kami cuma duduk, mikir, ngetik, revisi, makan, ngemil, nulis lagi, pulang, tidur...Sampe-sampe kalo dilihat list check in kami di FourSquare isinya cuma LPPI Ruang 207, LPPI Cafetaria Lantai 1, LPPI Cafetaria Lantai 2, LPPI Mushola Lantai 2, IBS Cafetaria, trus apa lagi ya...Kosan Mbak Yati, hoho. Pengen rasanya check in di tempat lain kek hari-hari biasanya, kalo di Jawa istilahnya "njegleg", dari yang biasanya sehari-harinya pergi main, sekarang tiap hari dalam seminggu cuma duduk, makan, tidur.

Oh ya, satu kelas dibagi menjadi 5 kelompok. Jadi masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang, dan herannya...LCG membagi-bagi kami dengan sangat pukul rata, keknya nggak ada yang sering semeja saat kelas ketemu jadi satu kelompok, kok bisa ya...magic..

Presentasi project management mirip sidang skripsi, tapi masi lebih serem skripsi gw deh, in english dan dibantai, dan saya sendirian...kalo di sini kan sekelompok, jadi meski banyak pertanyaan, tapi yang bisa jawab kan banyak, dan saat sesi tanya jawab saya diem aja...hoho. Tiap satu kelompok selesai presentasi, kami saling berpelukan, slam2an sebagai tanda kalau sudah lega dan terbebaskan dari beban PM. Panelisnya sendiri ada tiga :

- bapak Sjobri Arifin (mandiri)
- bapak Haryanto (mandiri), dan
- bapak Bambang Trigunarsyah (indoprime)

"Bank is bank, business is business", kata pak sjobri. Jadi sebaiknya semua proyek menuju ke bisnis deh klo buat bank mandiri. Sekarang waktunya break makan siang...Masih ada 2 kelompok lagi setelah makan siang. Pada "deg-deg per" katanya, deg-degan laper...
Mending lah PM ini, latihan riil cara bikin project secara singkat. Daripada di bank sebelah, dikasi tugas akhir individu trus sidangnya kek sidang skripsi gitu, nunggu penguji...capede...

Akhir-akhir ini, uda agak jenuh sama makanan cafetaria lppi, lebih sering makan di IBS, sekalian cuci mata. Sayang karena kantin biasa dan tenaga masaknya dikit, dapet makanannya lama. Kalo nggak di IBS ya biasanya keluar agak jauhan dari LPPI tapi masih daerah kemang, paling jauh PH ato KFC.

Abis makan, dilanjutin lagi presentasi kelompok 4, urutan 4 tentang i-Mall. Kenyang, agak pusing, ditambah semilir kesejukan AC, presentasi terdengar kek kuliah umum, rasanya pengen banget tidur...Peserta presentasi sama presenter pun makin ngaco, malah agak terkesan santai seperti pas di kelas, tidak setegang tadi pagi... Presentasi terakhir kelompok 5, saya sudah nggak connect lagi...tinggal 5 watt...

Endingnya, nilai yang kami dapat atas dasar presentasi :
Kelompok 1 : Mandiri GreenLand > 88,09
Kelompok 2 : Mandiri EasyPay > 88,62
Kelompok 3 : Mandiri Fashion Fiesta > 86,97
Kelompok 4 : Mandiri i-Mall > 86,86
Kelompok 5 : Mandiri Electronic Solution (kalo ga lupa) > 87,92

Nilai rata-rata kelas 88,67. Kelompok yang dapet nilai tertinggi kelompok 2, Mandiri EasyPay. Best presenternya juga dari kelompok 2 dengan nilai 90,54. Kelompok terbaik dapet parcell, best presenter juga, dan masing-masing peserta dapet goodie bag satu2. Daaaan, acara hari ini kami tutup dengan group hug dan yel-yel...

Finally, terima kasih kepada para panelis dan Indoprime, pak Firdaus yang udah banyak membantu, sampe presentasipun dibantu, hohoho. Dan bu Melva yang uda capek2 nulis jadi notulen kami dan tetap tersenyum menjelaskan meskipun tampang kami tidak tertarik pada materi. Kami berharap apa yang kami kerjakan di project management ini dapat bermanfaat untuk ke depannya... ^_^

No comments:

Post a Comment