Friday, August 20, 2010

Aptitude Test ODP Mandiri & Double Wisuda

Rabu, 28 Juli 2010 saya diwisuda. H-1 wisuda saya masih ribet mencari setelan jas bodyfit secara saya ga punya jas, padahal besoknya ikut aptitude tes juga >.<. Wisuda universitas jam 07.00 pagi janjian sama ortu langsung ketemu di Tembalang, saya berangkat sendiri dari kosan naik sekuter. Pagi-pagi di depan gedung Prof. Soedarto sudah rame banget, penuh muka-muka menor tak dikenal yang nyatanya temen sendiri. Ternyata wisuda Cuma gitu doang, bacot dikit trus nunggu giliran buat maju satu-satu dibagiin ijazah, dari jam sembilan sampai jam setengah dua belas isinya hanya menunggu yang lain selesai dibagi ijazah. Selesai wisuda mencar sendiri-sendiri, saya balik kos siap-siap buat tes aptitude, mama sama adek mau jeng-jeng bentar, papa udah dari jam setengah sebelas cabut rapat di DPRD.

Berangkat ke gedung Mandiri jalan pemuda bareng sama satu temen saya cewek (sejurusan, sekarang seangkatan ODP). Sampe di Mandiri, sambutan satpamnya beda, “Silakan bu pak, mau ke lantai berapa?” secara temen gw abis wisuda masih menor-menor bersanggul pake pakaian formal berblazer dikiranya ibu-ibu direktur kali yah...kami jawab, ODP pak, eh...bapaknya ketawa2.
Dari 70-an orang yang ikut TOEFL hanya 31 yang survive, sayangnya satu orang mengundurkan diri gara-gara bentrok sama wisuda fakultas >.<. ksian, tapi wisuda fakultas S1 Cuma sekali seumur hidup, uda bayar mahal lagi, klo ODP Mandiri kan bisa ikut lagi, hoho. Jadi, peseta yang ikut jumlahnya 30 orang, hampir 29 karena temen saya (satu angkatan ekonomi manajemen sekarang juga seangkatan di ODP, beda ama yang tadi) telat dateng gara-gara kena macet ditambah ribet abis wisuda universitas seperti saya, cewek lagi. Beruntungnya, mas-mas dan mbak-mbak SHL yang jaga baiiik banget...mau nungguin mpe setengah jam, beruntung banget si temen aku itu yah, masa depan dia ada di keputusan mas dan mbaknya, klo dulu ga ditunggu, sekarang uda gak sekelas lagi.

Sebelum tes mulai, kami dibagi soal, lembar buram buat corat coret, kalkulator, penghapus, sama pensil 2 buah yang udah runcing (baik banget ya SHL ini...kurang apa coba, kita tinggal bawa diri, absen, tes...selesai).

Kalau menurut saya, sebenarnya tes aptitude dari SHL ini lebih mudah dibandingkan tes aptitude Astra International, sebelumnya saya pernah juga mengikuti tes aptitude Astra International tapi gagal, padahal tes aptitude Astra tidak menghitamkan bulatan seperti Aptitude dari SHL. Mungkin banyak faktor lain juga yang mempengaruhi, mungkin capek gara-gara waktu itu saya ngelaju dari Magelang jam setengah delapan pagi karena tes di UGM Jogja mulai pukul 09.00.

Yang saya lakukan saat aptitude test sekaligus beberapa tips nih:
1. Berdoa sebelum mengerjakan (harus), santai, tidak usah tegang.
2. Mengerjakan soal yang termudah dulu, yang ga bisa lewatin aja, sukur-sukur nanti masih ada sisa waktu.
3. Tes pertama tes kemampuan verbal 35 menit untuk 35 soal klo ga salah (1 menit 1 soal, usahain kurang dari 1 menit deh jawab 1 soalnya biar ada sisa waktu). Saya jawab semua dan saya yakin semua jawabannya benar (sok aja deh, paling tidak sebagian besar benar lah), meskipun ada beberapa nomor yang saya ulang-ulang karena tidak yakin.
4. Tes kedua tes kemampuan numerik. Ini dia yang saya tidak suka....ANGKA ditambah LOGIKAnya tuh momok buat saya...20 atau 30 soal gitu, tapi waktunya lebih dari jumlah soal. Waktu itu saya tidak selesai mengerjakannya, semisal ada dua setengah baris isian di lembar jawab, saya tidak menjawab setengah yang terakhir dan tidak yakin apakah yang semua yang sudah saya jawab itu benar (-_-“). Wallahua’lam...
5. Selanjutnya isian kepribadian, disuruh milih diantara dua pernyataan dalam 1 nomor (total ada 99 nomor) antara setuju dan tidak setuju. Tidak ada jawaban benar atau salah, tidak ada batasan waktu, yang dibutuhkan disini hanyalah KEJUJURAN Anda karena tes ini berhubungan dengan masa depan karir Anda. Jadi, kerjakanlah sesuai dengan kata hati Anda. Waktu itu saya sama sekali tidak ada satupun yang saya setujui tentang “kesukaan saya terhadap angka” dan “kegiatan yang menguras fisik”, yang saya ingat saya paling banyak memilih tentang “mendengarkan pendapat orang lain”, “dapat menahan emosi”, dan “berjiwa sosial tinggi”, yang menurut saya “gue banget” lah. Selain itu ada juga “menyukai seni”, “mengkritik orang lain”, “ingin menjadi pemenang”, dll. Agak pesimis juga si waktu uda slese ngerjain...tapi pikiran tetep positif!

Alhasil...setelah menunggu dan H2C beberapa hari saya dinyatakan lolos tes dan diundang untuk mengikuti LGD (Leaderless Group Discussion) di gedung yang sama tapi beda lantai. ^_^ Seneng banget lah secara sebelum gelombang ini ada temen saya yang pada pinter-pinter kuliahnya ga lolos di tes tahap ini! Alhamdulillah banget deh...
Pulang-pulang ban sekuter saya bocor...untung di sebelah gedung mandiri ada tambal ban, yang ksian temen saya yang bonceng, musti ikutan nunggu, padahal dia cewek dan harus segera persiapan dandan dan bebenah buat wisuda fakultas malam nanti. Sampe kosan orang tua sudah menunggu sambil leyeh2 ngobrol sama ibu kos. Setelah itu siap-siap deh buat wisuda fakultas.

Wisuda fakultas diadain di audit Masjid Agung Jawa Tengah, sangat luas dan cukup untuk wisuda ratusan anak ditambah pendamping-pendampinya. Pendamping saya ya bokap nyokap, waktu itu ga ada yang lain soalnya “yang lain” juga sedang diwisuda XP, adek juga dateng. Wisuda sampe jam setengah sepuluh malam, isinya hanya salaman, nyerahin kalung sama transkrip nilai, sisanya bacot. Setelah itu foto-foto di dalam bentar trus keluar. Pas keluar ternyata yang nungguin mau ngasi selamat dan foto-foto bwanyak banget...mpe dikasi pigura kenang2an ama buket... Alhasil baru bisa pulang jam sebelas malam...Saya balik langsung di drop sama orangtua di kosan, trus mereka langsung balik rumah. Thanks banget buat semua teman-teman, kakak, adek yang uda dateng, tapi mana foto-fotonya...kok banyak yang ga diupload yah...

Sekian cerita tentang tes aptitude ditambah beberapa dari wisuda saya, panjang banget ya...tapi gapapa buat kenangan biar inget pas tua nanti. XD

1 comment:

  1. ODP itu ngapain aja jyah kerjanya kl boleh tau?

    ReplyDelete