Monday, August 16, 2010

Walk in Interview

Waktu itu tanggal 24 Juni (kalau tidak lupa) diadakan walk in interview ODP Mandiri di gedung Prof. Soedarto Undip Tembalang (atas). Walk in interview kali ini diadakan selama dua hari berurutan berhubung peserta yang ikut walk in interview kali ini terbilang sangat banyak yaitu 350 orang lebih. Seluruh pendaftar berhak untuk mengikuti interview karena pihak HRD bank Mandiri tidak menyaring aplikasi yang masuk terlebih dahulu, jadi peserta yang sebelumnya tidak mendaftar pun bisa ikut saat walk in interview sambil mendaftar di tempat (padahal sebelumnya saya sudah jauh2 ke Tembalang cuma buat masukin aplikasi Mandiri -_-').

Pagi itu saya berangkat dari kos yang notabene agak jauh dari Tembalang, kos saya di Tegalsari daerah Undip bawah, sementara saya harus menjemput teman saya dulu yang ngekos di Kertanegara (dekat Undip bawah/Pleburan). Walk in interview dijadwalkan mulai pukul 08.00 pagi tetapi saya dan teman saya datang agak telat (agak khawatir juga waktu itu takut ga bole masuk). Sekitar pukul 08.15 belum dimulai, setengah dari kursi yang disediakan di geung Prof. Soedarto sudah terisi oleh para pelamar, nggak ada yang nggak necis...rapi semua. Di sana saya langsung bertemu teman-teman dekat dari Manajemen. Lalu pukul 8.30 ternyata acara dimulai dengan presentasi dari pihak HRD. Presentsinya sendiri mengenai ODP Mandiri dan bekerja di Mandiri.

Pada saat presentasi berlangsung, kami semua diberi formulir untuk diisi. Isi formulirnya seperti CV (resume) dan diisi pada saat itu juga. Setelah presentasi selesai, pelamar disuruh mengantri untuk mengembalikan formulir dan mengisi database di laptop. Waktu itu laptop yang disediakan cuma dua, sedangkan antrian sangat panjang, untung saja saya dan teman-teman saya mengantri di barisan yang agak depan. Sebaiknya memang cepat-cepat mngisi formulir lalu mengambil posisi di antrian paling depan jika tidak mau menunggu lama. Karena banyaknya pelamar, maka walk in interview dijadikan dua hari, saya dan teman-teman masih kebagian hari pertama.

Setelah selesai mengisi database, kami dipersilakan untuk menunggu di ruang yang telah disediakan. Namun, saking banyaknya pelamar yang telah selesai megisi database sedangkan kursi di ruang tunggu interview tidak mencukupi, banyak dari mereka yang berdiri menunggu atau duduk-duduk di luar ruang tunggu. Untungnya mereka cukup profesional dengan segera menghubungi pihak pengelola gedung untuk menyediakan kursi-kursi tambahan.

Walk in interview dilakukan dengan memanggil satu kelompok tiga orang sekaligus untuk diinterview oleh satu orang pegawai HRD Mandiri. Waktu itu hanya ada dua pegawai HRD yang menginterview. Setelah menunggu lama (untung sudah sarapan dulu), akhirnya kira-kira jam dua belasan saya dan dua orang lainnya (salah satunya adalah teman dekat saya sekarang juga ODP Mandiri 72) dipanggil untuk mesuk ke ruang interview. Ternyata kami bertiga kebagian interview dengan ibu-ibu yang tadi presentasi di depan, beliau ramah sekali menyambut kami dan mempersilakan kami duduk. Yah, meski tegang, saya tetep usahain buat senyam senyum...

Selanjutnya kami ditanyai satu per satu, pertanyaan yang diajukan ibunya seingat saya :
1. Dua pertanyaan wajib yaitu "apakah Anda beresedia ditempatkan di luar Jawa (daerah)?" dan "apakah Anda sudah menikah atau dalam waktu dekat ini berencana menikah?"
2. Pertanyaan mengenai kelebihan, kelemahan, dan best achievement kita.
3. Mengapa memilih bank Mandiri dan apa dasar pertimbangan kita mencari pekerjaan.
4. Sudah pernah melamar kerja ke mana saja.
5. What is bank in your opinion? (pertanyaan jackpot nih... dan saya jawabnya belepotan, mana ibunya komentar "Masa anak ekonomi gatau apa itu bank" -_-').
6. Ada saudara di Mandiri atau tidak, dll.
Pertanyaan bisa in english atau bahasa, tergantung yang nginterview, soalnya teman saya yang dapat interviewer satunya lagi lebih cepat, enak, dan full bahasa. Teman saya cuma 5 menit selesai, sedangkan kelompok interview saya bisa sampai 15 menitan.

Setelah selesai, kami disuruh keluar dan menunggu keputusan selama 5 menit kurang, lalu dipanggil lagi masuk. Yang lolos akan diberi kertas semacam undangan untuk TOEFL (macem audisi idol gitu) sedangkan yang tidak lolos (kata teman saya) diberi semangat untuk tidak menyerah cari kerja >.< ...

Yah, akhirnya saya lolos, teman-teman saya juga ada beberapa yang lolos (teman dekat saya dua orang lolos, nanti tes bakal bareng terus sampe akhir). Kasihan juga yang sudah menunggu lama dari pagi sampai sore tapi tidak lolos, karena kabarnya walk in interview teman saya ada yang baru selesai jam 3 dan msih ada banyak yang mengantri di belakangnya...Ada juga beberapa yang tidak lolos dan masih duduk duduk nunggu teman atau mungkin penasaran (kenapa dirinya ga lolos) di teras gedung. Walk in interview terorganisir dengan sangat baik oleh pihak HRD Mandiri, yang kurang hanyalah laptop yang cuma disediakan dua buah untuk isi database, hanya ada dua interviewer, dan juga tidak adanya snack dan minum (ngarep). Wah, panjang banget ngedongengnya, setelah itu saya langsung pulang dan sampai di kos kira-kira pukul 13.30 lalu istirahat, siap-siap buat TOEFL yang akan datang. ^_^

No comments:

Post a Comment