Thursday, August 19, 2010

TOEFL ITP ODP Mandiri

Selain dapet surat undangan setelah lolos walk in interview, saya juga dapet sms dari pihak Mandiri. TOEFL dilaksanakan hari Sabtu tanggal 24 Juli 2010 di hotel Gracia Semarang, kebetulan saya dapet jatah yang jam 08.00, jadi musti siap standby jam 07.30.

Jumlah peserta yang lolos walk in interview totalnya ada 70-an orang. Karena kapasitas ruangan cuma buat 50 orang, tes dibagi jadi dua gelombang dan saya dapet gelombang pertama.

TOEFL yang diteskan ternyata tidak seperti tes-tes pada institusi lain yang sejenis, TOEFL yang diteskan adalah TOEFL ITP dan kabarnya minimal skor harus 500, soalnya standar TOEFL ITP ada listening, grammar & vocab, sama reading. Institusi lain yang pernah saya ikuti tes TOEFLnya biasanya menggunakan TOEIC. Sementara itu, sebelumnya saya pernah ikut TOEFL ITP di institusi bahasa inggris hanya dapet skor kurang dari 500, dan sewaktu ikut TOEFL di kampus dapet skor 540 (tapi soal2nya gampang banget), ditambah saya tidak ada persiapan, jadilah saya dagdigdug penasaran sebelum dan sesudah TOEFL. Sebelum TOEFL yang penting istirahat atau tidur yang cukup, tetep konsentrasi pas ngerjain TOEFL terutama saat listening, dan jangan kelamaan menghitamkan bulatan seperti saya atau kelamaan terjebak di satu soal, mending lewatin aja satu atau dua soal susah kerjainnya nanti di akhir-akhir jika ada sisa waktu.

Untung saja tempat tesnya nyaman dan suara speaker saat listening terdengar sangat jelas, jika dibandingkan dengan ERP ODP BNI (yang dilaksanakan di ruang audit gedung BNI) atau PPS BRI (di gedung Prof. Soedarto yang membuat suara speaker 'menggema'). Mana mengerjakan TOEFLnya harus menghitamkan bulatan seperti UAN/SPMB (kelemahan saya terlalu lama mengisi bulatan2). Waktu itu saat waktu sudah habis, saya mengerjakan TOEFL kurang 4 atau 5 soal dan akhirnya saya karang alias jawab asal, jadi agak cemas menunggu hasil TOEFLnya.

TOEFL diumumkan hari Senin minggu berikutnya dan saya dinyatakan lolos dan diundang untuk mengikuti aptitude test di gedung bank mandiri Jalan Pemuda Semarang. Pikir saya, berarti TOEFL saya di atas 500 kalau memang standar minimalnya 500. Sayangnya waktu aptitude test yang akan dilaksanakan bentrok dengan wisuda universitas...alhasil saya kecewa berat, tapi untungnya banyak juga teman saya yang lolos tes dan bentrok dengan wisuda, jadi pihak mandiri mengundur waktunya jadi pukul 13.00. Bersyukur banget waktunya diundur, jadi tetep bisa ikut tes setelah wisuda universitas. ^-^

2 comments:

  1. Hasil tes TOEFL ITP diumumkan dimana??
    atau di SMS ya??

    ReplyDelete
  2. kalo saya tiap pengumuman tes di SMS atau ditelpon pihak mandiri

    ReplyDelete