Saturday, August 21, 2010

LGD yang Benar-Benar Leaderless

Saya lanjutkan ceritanya tentang LGD alias Leaderless Group Discussion. LGD ini merupakan tes ODP Mandiri tahap empat. LGD yang diadakan dibagi tiga gelombang atau tiga grup, saya kebagian yang gelombang pertama dan harus siap di tempat jam setengah delapan pagi. Tes dilaksanakan di gedung bank mandiri jalan pemuda, saya dan satu orang teman saya berangkat bareng dari kos pukul 07.00.

Waktu itu hari sabtu, bank tutup, jadi kami masuk lewat pintu belakang. Meskipun tutup, tampak beberapa karyawan sibuk dengan aktivitas di kantor. Kerja jadi bankir bakal sibuk banget ya, tapi gapapa asal ga jadi sales aja...Sampai di tkp, langsung absen, sudah ada beberapa teman yang juga ikut tes (tapi belum pada kenal). Dari absen saya bisa melihat bahwa yang lolos tes aptitude dan ikut LGD ada 22 orang, berarti 8 orang gugur.

Setelah menunggu kedatangan HRD mandiri yang akan mengawasi LGD beberapa menit akhirnya kelompok saya dipersilakan masuk ke ruangan, ruang rapat mungkin lebih tepatnya. Kami dipersilakan duduk sesuai absen lalu perkenalan satu per satu. Setelah itu baru kami dibagikan lembaran kasus untuk dipecahkan dan kertas untuk corat-coret. ---dan proses LGD pun berlangsung---

Selesai diskusi dan memaparkan kesimpulan, pengawas langsung mengambil alih dan dimarahilah kami (-_-")...Satu kelas dibikin down semua...ya begini lah ya begitu lah...kurang ini kurang itu...kayak kami tuh salah semua pas LGD tadi. Tapi lucu juga sih bapak pengawasnya...Peace Pak ^_^...Maka dari itu pas keluar ruangan muka-mukanya pada rada pesimis, soalnya misterius banget, soalnya waktu diskusi sama sekali tidak ada yang inisiatif jadi moderator sampe mulainya tunggu-tungguan, dikasi board ga dipake samasekali, trus ngomongnya urut satu-satu(-_-") bener-bener leaderless deh...Gak ada yang dominan dan gak ada yang pasif ato diem sama sekali, imbang. Selesai LGD kami dibagi selebaran Offering Letter dan syarat-syarat yang harus sudah dibawa saat OL (belum-belum sudah disuruh nyari persyaratan) seperti fotokpi kartu NPWP, softcopy foto 4x6 close-up nyengir untuk ID, legalisir ijazah, dll. Teman-teman gelombang berikutnya yang masih menunggu penasaran bertanya-tanya.

Akhirnya saya dan teman saya memutuskan untuk langsung pulang. Sorenya setelah saya tanya-tanya teman saya yang beda gelombang sepertinya kasus yang diberikan sama, tapi belum tau jug yang gelombang satunya. Sampai sekarang masih penasaran, kriteria buat lolos LGD yang sebenarnya itu seperti apa...Soalnya di tempat lain yang pernah saya ikuti tes tentang diskusi grup yaitu di BNI beda banget. Kalau di BNI bisa seharian sendiri prosesnya, dari pagi sampai sore. Waktu itu saya ingat dapat urutan terakhir buat presentasi hasil pemecahan masalah individu dan itu jam setengah 6 sore. Dan kalau BNI namanya FGD (forum group discussion), melibatkan lembaga psikologi pula, pake software pula (masi inget nama softwarenya threshold competitor). Dan pas BNI saya tidak lolos di tahap ini, entah pas FGDnya, entah pas presentasinya. Btw thanks buat agan-agan kaskuser yang uda ngasi beberapa clue di thread...

No comments:

Post a Comment